byizyblog

Tips untuk Programmer yang cari kerja (1)

Tips untuk Programmer yang cari kerja Permintaan tenaga programer telah terjadi kenaikan konstan bahkan ketika orang banyak telah kehilangan pekerjaan di profesi lain. Diharapkan bahwa permintaan untuk programmer akan meningkat

sebanyak 21 persen antara tahun 2008 dan 2018. Oleh karena itu, sebagai programmer tidak perlu khawatir tentang mendapatkan pekerjaan. Profesi programmer memiliki sensasi tersendiri, ada yang menangani pekerjaan yang menjemukan dan adapula yang menantang dan menarik. Di bawah ini adalah 6 tips yang dapat membantu anda memperoleh pekerjaan berdasarkan input dari orang-orang yang berada dalam bisnis mempekerjakan programmer profesional

Memiliki resume yang rapi

Ketika sebuah perusahaan IT terkenal mengiklankan lowongan pekerjaan, kemungkinan menerima ratusan bahkan ribuan aplikasi pekerjaan. Jangan menganggap bahwa mereka akan mewawancarai semua orang yang mengirimkan resume mereka. Anda mungkin sangat memenuhi syarat untuk pekerjaan, namun jika resume Anda tidak menciptakan kesan pertama yang positif, itu kemungkinan akan dilempar ke mesin penghancur dokumen.

Kebanyakan Manajer mengakui bahwa mereka tidak berharap untuk mewawancarai semua pelamar kerja. Hal ini secara fisik tidak mungkin. Meskipun tidak ada rumus ditetapkan untuk memastikan bahwa Anda lulus proses penyaringan awal di mana orang menilai Anda hanya dengan melihat resume Anda, masih ada beberapa faktor di dalamnya. Beberapa orang menggunakan skor IPK sebagai parameter berguna saat screening resume. Dan sebagian besar lainnya lebih memilih pengalaman proyek-proyek tertentu yang berhubungan dengan lowongan pekerjaan.

Salah satu hal yang harus Anda lakukan adalah menulis bahasa yang tepat jika perusahaan asing. Miskin tata bahasa dan ejaan kesalahan akan mendapatkan resume anda diabaikan. Resume anda harus terlihat rapi dan harus mengoreksinya sebelum diserahkan

Jadilah spesifik dan cerdas

Pewawancara biasanya akan mencoba untuk melihat apakah anda cerdas. Meskipun anda tidak bisa berbuat banyak tentang persepsi ini tapi tunjukkan bahwa Anda memang pintar. Jika Anda berbicara tentang proyek jangan bertele-tele. Terangkan secara tepat dan menjelaskan kerangka proyek dan peran anda dalam proyek.

Terangkan beberapa proyek open source anda jika anda tidak memiliki terlalu banyak pengalaman proyek berbayar dan terangkan kepada mereka secara tepat karena bekerja untuk proyek open source memungkinkan anda untuk menunjukkan bahwa anda adalah bagian dari komunitas pemrograman dan tepat untuk pekerjaan itu.

Kelola Ego Anda

Jika Anda seorang programmer yang hebat, ada kemungkinan anda memiliki ego besar dan manajer umumnya tidak suka orang dengan ego besar. Anda mungkin adalah programmer terbaik tapi tidak sadar kesombongan anda terbawa ke mana-mana. Gunakan akal sehat anda ketika anda muncul untuk wawancara. Jangan mulai menuntut bahkan sebelum Anda telah mendapatkan pekerjaan itu. Jangan berkata “TIDAK” untuk beberapa proyek yang ditawarkan dan menunjukkan kepada mereka bahwa Anda selalu bersedia untuk tertantang hal-hal baru.

Baca : Tips untuk Programmer yang cari kerja II

Leave a Reply

%d bloggers like this: