Tips untuk Programmer yang cari kerja (II)

Fokus pada keterampilan personal

Bila anda tidak memiliki keterampilan personal, anda tidak akan menaiki jenjang organisasi /perusahaan yang lebih tinggi. Anda selamanya akan tetap menjadi programmer yang hanya menulis kode-kode mustahil. Sebagai seorang programmer sebaiknya memiliki eksposure yang cukup untuk interaksi dan perlu belajar bagaimana berkomunikasi secara efektif – dengan tim, teman-teman dan manajemen anda. Manajer perlu mengelola orang lebih dari sekedar membuktikan keahlian pemrograman Anda. Ketika Anda berbicara dengan manager SDM, Anda harus mampu berkomunikasi dengan baik. Jika tidak, bagaimana anda akan benar menjelaskan apa yang telah anda lakukan selama ini? Dan komunikasi tidak hanya terbatas pada pertukaran verbal. Anda harus mampu menulis catatan proyek yang baik.

Buktikan sendiri

Anda bisa membuktikan sendiri dalam wawancara bahwa anda memiliki pengetahuan yang cukup. Siapkan diri anda sebelumnya tentang berbagai teknik wawancara. Manajer menggunakan teknik yang berbeda untuk menilai orang. Beberapa yang mungkin akan meminta untuk berbicara secara rinci tentang bagaimana anda akan menulis kode tertentu dan beberapa mungkin meminta untuk duduk di depan komputer dan menulis kode pada layar.

Berpikir logis serta menjelaskan solusi dengan jelas, langkah demi langkah. Anda dapat menggunakan kata-kata atau frasa yang berbeda tapi ada pewawancara yang ingin mencari tahu apakah anda mampu menangani masalah. Mungkin ada jalan yang berbeda yang mengarah ke solusi atau tidak peduli mengambil cara singkat. Yang lebih penting adalah bahwa anda mencapai solusi dan bisa menjelaskan secara logik cara yang apa ambil.

Jadilah diri sendiri

Jangan pernah mencoba dan menyesatkan pewawancara dengan mengisi resume dengan mencantumkan keterampilan yang anda tidak sesuai kondisi sebenarnya karena anda tidak pernah tahu jenis pertanyaan yang akan ditanyakan. Anda tidak perlu mengalami situasi rumit di mana anda telah menyebutkan kompetensi anda tentang sesuatu dan ketika ditanya pertanyaan tentang itu, anda hanya di cap asbun (asal bunyi).

Jika Anda tidak tahu sesuatu, jangan meletakkannya di resume. Manajer tidak mencari orang-orang yang tahu semua bahasa pemrograman. Mereka lebih memilih orang-orang dengan keahlian tertentu. Jika Anda dapat menunjukkan apa yang anda ketahui dan mengekspresikan kesediaan anda untuk mempelajari apa yang anda tidak tahu dengan baik, akan pertanda lebih baik untuk Anda. Intinya tidak berpura-pura.

Leave a Reply

%d bloggers like this: