Pemula,Versi Ubuntu mana yang harus saya gunakan ?

Jadi kabar baik nya , Anda telah membaca tentang alasan untuk beralih ke Linux dan manfaatnya dan akhirnya memutuskan untuk mencobanya. Baik.

Sekarang, setelah membaca lebih lanjut di internet, mengetahui pandangan orang tentang Linux yang bagus untuk pemula, Anda memutuskan untuk menginstal Ubuntu. Keputusan bijak yang bagus dan tepat .

Anda memiliki beberapa opsi di sini. Anda dapat menginstal Ubuntu di samping Windows atau Anda dapat mengganti Windows dengan Ubuntu (Dual Booting)

Mungkin saat ini, Anda bertanya-tanya tentang Ubuntu mana yang harus Anda pilih dan bagaimana Anda harus menginstal Ubuntu.

Tunggu! Apakah saya mengatakan ‘Ubuntu yang mana’? Jika Anda terkejut dengan ungkapan itu, itu berarti Anda perlu tahu sedikit tentang Ubuntu sebelum Anda menginstal Ubuntu.

Jika Anda telah membaca di forum dan blog, Anda mungkin menemukan beberapa istilah seperti Kubuntu, Xubuntu, Lubuntu dll. Tidak, ini bukan nama panggilan yang diberikan orang ke Ubuntu mereka.

Ini adalah berbagai varian Ubuntu yang dikategorikan berdasarkan penggunaan spesifik atau berdasarkan lingkungan desktop.

Ketika beralih ke Linux, Anda memiliki ‘kebebasan’ untuk memilih environment lingkungan desktop ’. Lingkungan desktop pada dasarnya adalah kumpulan komponen untuk menyediakan elemen antarmuka pengguna grafis umum seperti ikon, bilah alat, wallpaper, dan widget desktop. Sebagian besar lingkungan desktop memiliki seperangkat aplikasi dan utilitas terintegrasi sehingga pengguna dapat merasakan seragam saat menggunakan OS.

Pada dasarnya, ini mengubah tampilan sistem operasi yang Anda gunakan dan terkadang, program yang Anda gunakan.

Biarkan saya memberi Anda analogi yang ringan, Ini seperti anda berdandan. Jika Anda berpakaian seperti hippy, Anda akan terlihat seperti hippy. Jika Anda memiliki rambut hippy, ada perasaan seragam menjadi hippy.

Jadi, apa keuntungan menggunakan satu lingkungan desktop dibanding yang lain? Dalam analogi sebelumnya dengan pakaian, jika Anda mengenakan skinny jeans, Anda mungkin terlihat lebih pintar tetapi Anda tidak bisa berlari lebih cepat.

Demikian pula, beberapa lingkungan desktop fokus pada pemanfaatan grafik tetapi kemudian mereka menuntut konfigurasi perangkat keras yang lebih baik. Sementara beberapa lingkungan desktop lainnya berjalan lebih baik pada komputer dengan konfigurasi rendah tetapi mungkin tidak terlihat bagus.

Apa saja jenis-jenis Ubuntu yang tersedia?

Di dunia Linux desktop, varian desktop envirnment juga disebut sebagai ‘rasa’. Di bawah ini adalah daftar rasa resmi Ubuntu:

Saya secara khusus menyebutkan bahwa ini adalah Official yang didukung oleh Canonical, perusahaan induk Ubuntu. Mereka merilis versi baru pada saat yang sama dengan rilis Ubuntu Unity utama. Ikuti siklus pengembangan dan jadwal rilis yang sama.

apakah itu berarti ada varian Ubuntu lainnya juga?

Ya, tetapi mereka tidak terkait dengan Canonical. Mereka diciptakan oleh pengguna Ubuntu penghobi yang ingin menggunakan beberapa lingkungan desktop lain yang tidak didukung secara resmi oleh Ubuntu. Anda tahu, tidak seperti Windows dan Mac OS X, pengguna Linux memiliki ‘kebebasan’ untuk menggunakan sistem sesuka hati dan mencoba hal-hal baru. Anda dapat menginstal berbagai lingkungan desktop pada sistem Linux Anda, secara paralel dengan lingkungan desktop default yang sudah diinstal.

Ubuntu mana yang harus dipilih dan bagaimana?

Singkatnya, sebagai pengguna desktop biasa, fokus Anda harus pada Ubuntu default, Kubuntu, Lubuntu, Xubuntu, Ubuntu Mate dan Ubuntu Budgie. Dan berdasarkan preferensi ANDA, Anda dapat memilih untuk menginstal yang Anda suka.

Jika Anda masih bingung memilih rasa Ubuntu, saya sarankan untuk mencobanya. Anda dapat mulai dengan membuat Demo USB langsung dari Ubuntu satu per satu dan kemudian mengujinya tanpa menginstal

Leave a Reply

%d bloggers like this: