LINUX ! OS Open Source Terpopuler di Dunia byizy.my.id

LINUX ! OS Open Source Terpopuler di Dunia

Linux adalah sebutan untuk sistem operasi free yang paling populer di dunia. Bagi Anda yang selama ini menggunakan Windows, Linux terdengar asing. Namun jika ditelusuri, Linux punya daya tarik

yang begitu menarik juga seperti Windows. Linux dipakai orang di komputer-komputer server, satu jenis komputer yang melayani semua pengguna internet dan WWW di dunia. Linux dipakai orang di PC – PC, layaknya Windows. Linux juga dipakai di perangkat smartphone dan lain-lain. Linux selain terkenal akan kestabilannya, juga akan keamanannya. Linux itu free, open source, aman, dan memenuhi kebutuhan komputer sehari-hari.

Kelebihan Linux

Di antara kelebihan Linux adalah keamanannya. Masyarakat dunia menggunakan Linux karena bebas dari virus. Hal ini dimungkinkan karena Linux memiliki prinsip- prinsip keamanan yang lebih bagus. Hal ini mengakibatkan umumnya pengguna Linux tidak pernah mengenal antivirus. Karena memakai Linux sama dengan tidak direpotkan lagi dengan virus.

Kelebihan Linux lainnya adalah sifatnya yang free ( free software , bukan freeware ) sehingga dia open source.

Karena sifat ini, setiap orang boleh mengembangkan Linux sesuka hati. Karena itu banyak orang dari berbagai pengetahuan berbeda turut mengembangkan dan jadilah Linux sekarang yang sangat kaya dengan fitur-fitur. Di smartphone, Android adalah contoh Linux yang dikembangkan orang (oleh Google dan OHA) yang digunakan luas. Di PC, kita punya banyak pilihan Linux seperti Ubuntu dan openSUSE.

Kelebihan Linux yang paling kentara bagi kita adalah legalitasnya. Kita tidak melanggar hak cipta (tidak membajak) ketika meng-copy Linux milik teman, atau mengedarkan kopian Linux dengan meminta bayaran. Dua hal tersebut adalah pelanggaran hak cipta (pembajakan) di Windows. Maka Linux adalah solusi paling cerdas untuk mengurangi pembajakan perangkat lunak (pelanggaran hak cipta) di sekitar kita. Minimal, dengan Linux kita bisa berusaha menguranginya dari diri kita sendiri.

Baca Juga : Untuk Pemula,Versi Ubuntu mana yang harus saya gunakan ?

Distro Linux

Windows memiliki varian Windows 95, 98, 2000, ME, XP, Vista, 7, 8, sampai terakhir 1 0. Linux tidak sesederhana itu. Linux tidak dibikin oleh satu perusahaan saja seperti Microsoft membikin Windows. Linux memiliki varian, yang kita sebut distro (distribusi). Distro Linux ada enam besar yaitu Slackware , Debian, SUSE, Red Hat Linux, Gentoo, dan Archlinux. Dari enam besar ini sebagai bahannya, seniman-seniman teknik membuat lagi varian lain yang kita kenal seperti Ubuntu , Fedora, dan openSUSE. Masih banyak distro lain yang kita bisa kenali. Namun untuk memudahkan perkenalan ini hanya disebut tiga saja.

Tampilan Linux

Linux memiliki 1000 wajah. Windows hanya memiliki 1 wajah. Itulah perbandingannya. Jumlah tampilan di Linux itu seperti jumlah game di Windows. Hal ini karena sifat Linux yang free sehingga semua seniman teknik boleh menciptakan tampilannya sendiri. Di antara tampilan yang paling terkenal di Linux adalah KDE .

Leave a Reply

%d bloggers like this: