5 Perbedaan Antara Linux dan Windows

Apakah Anda pengguna komputer yang sama sekali baru yang baru saja membeli PC dan sudah menginstal Microsoft dan mencari Perbedaan Antara Linux dan OS Windows?

Mencari apa menjadi keunggulan Sistem Operasi Windows dan hebat nya Linux dan apa perbedaanya dengan versi yang sebelumnya yangdiaman telah include dengan komputer Anda saat Anda membelinya.

Atau sebaliknya di mana Linux adalah Sistem Operasi default di komputer Anda? Berikut akan saya coba jabarkan sedikit yaitu 5 Perbedaan Antara Linux dan Windows .

Pemberian nama OS baru

Ingat Windows 8, 8.1 dan Windows 10 yang dirubah? Begitulah cara Microsoft menyebutkan versi Windows-nya yang baru. Dan Microsoft adalah satu-satunya perusahaan yang membuat OS Windows sementara di Linux, berbagai perusahaan membuat distribusi Linux.

Distro berarti distribusi. Singkat cerita, pada 1993 Linus Torvalds merilis kernel Linux pertama. Dengan cepat yang lain berpikir mereka bisa menulis sistem Operasi komputer yang lebih baik dan membuat versi mereka sendiri dengan kernel Linux sebagai komponen dasar terendah. Mereka menamakannya Slackware, Debian, RHEL, Ubuntu, dll. Hal ini menyebabkan kelahiran distribusi Linux dan bersama-sama mereka disebut sebagai distro Linux.

Interface (Antarmuka pengguna)

Di Windows, semua orang tahu ada panel di bagian bawah dengan menu mulai. Kemudian lagi, beberapa distro Linux terlihat mirip dengan apa yang tampak seperti Windows 7 sementara yang lain meniru sistem operasi OS X (Apple Machintos) berbasis Cupertino yang terkenal.

Namun, masih ada GNOME dan beberapa lingkungan desktop aneh yang terlihat sangat berbeda dan unik sendiri. Jika Anda adalah pengguna baru, maka saya sarankan untuk mencoba Linux Mint (untuk pengguna Windows) atau Elementary OS (untuk pengguna OS X).

Antivirus & Keamanan

Kutu buku mengatakan Linux adalah Sistem Operasi paling aman yang pernah ada. Penggemar berat Microsoft Windows mengatakan sebaliknya. Kedua belah pihak menjadi panas, tidak ada yang menang. Keduanya rentan terhadap ancaman, serangan virus, ransomware, dll.

Karena orang bijak di luar sana mengatakan ‘popularitas’.

Namun, Windows cenderung menjadi target utama karena basis penggunanya (popularitas). Kemudian lagi, Windows juga dikenal ‘kembung’ dengan driver dan file library yang tidak diperlukan.

Software (Perangkat lunak)

Pada Windows, perangkat lunak dapat dikemas untuk XP, Vista, 7 atau 8 dll. Dengan cara itu pengembang tidak khawatir tentang versi OS Windows yang digunakan pengguna. Tapi itu juga alasan yang sama mengapa virus yang sudah ketinggalan zaman untuk Windows XP dapat menginfeksi versi Windows 7, 8 dan 10. yang lebih baru. Di Linux, sebuah perangkat lunak dipaket untuk rilis distro tertentu yaitu Linux Mint 17 developers hanya mengemas dependensi yang diperlukan untuk itu dan tidak lebih, dengan cara itu perangkat lunak tidak membengkak dengan driver atau file perpustakaan yang tidak perlu.

Dengan demikian, mengunduh VLC media player di Linux mungkin sekitar 12 MB sementara di Windows itu 30 MB +.

Leave a Reply

%d bloggers like this: